Warga Buang Sampah di Desanya, Kades Kalotok Luwu Utara Berang

suhardi, 31 Dec 2018,
Share w.App T.Me

LUWU UTARA – Keberadaan sampah di wilayah batas Desa Kalotok dan Desa Kampung Baru Kecamatan Sabbang, jalan Trans Sulawesi semakin menjadi-jadi.

Sebuah lahan yang ditumbuhi pohon sagu yang merupakan batas Desa dijadikan tempat pembuangan sampah orang yang melintas. Keberadaan sampah ‘liar’ tersebut, selain mengganggu pemandangan dan kenyamanan warga, juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Tumpukan sampah yang menggunung dan di klaim sebagai Tempat Pembuangan Sementara (TPS) berada dekat batas desa menjadi perbincangan warga yang melintas dan warga setempat.

Dikonfirmasi, Kepala Desa Kalotok, Drs Jusman, Senin, 31/12/2018 mengatakan, perbuatan tak bertanggungjawab tersebut sangat mengganggu masyarakat setempat dan warga yang lewat karena bau busuk. Sejumlah warga desa Kalotok berharap, pemerintah desa memberikan solusi.

Dan berharap pula masyarakat tidak menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat sampah.

“Kami berharap pihak pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Lingkungsn Hidup Luwu Utara memberikan solusi atas menggunungnya sampah tersebut, dan kami tidak ingin di Desa Kalotok dijadikan lahan TPS (Tempat Pembuangan Sementara-red) atau TPA (Tempat Pembuangan Akhir-red),” ungkap Kepala Desa Kalotok Jusman kepada Solatanews.com, Senin (31/12/2018).

Kepala Desa menambahkan, selain tidak enak dipandang karena berada di pinggir jalan Trans Suslawesi, keberadaan sampah tersebut mengganggu keindahaan dan kenyamanan.

“Bahkan bau tak sedap sering kali muncul dari lokasi tersebut disaat penghujan tiba, belatung pun berserakan, belum lagi saat musim panas dimana gunungan sampah saat dilakukan pembakaran asap polusi mengganggu kendaraan yang lewat,” ungkapnya. (sh)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu