Manfaatkan Kotoran Ternak Jadi Biogas

suhardi, 02 Jan 2019,
Share w.App T.Me

LUWU UTARA – Teknologi Biogas adalah suatu proses fermentasi (pembusukan) secara alami dari limbah ternak secara anaerobik (tanpa oksigen) oleh bakteri metan (bakteri metanogenik), sehingga dihasilkan gas metan.

Hal itu terungkap saat kunjungan silahturahim awal 2019, oleh Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup, Asrul Sani MSi kepada Kelompok Tani Tunas Muda penerima manfaat biogas rumah di Dusun Pangalli Desa Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Lutra.

Asrul dalam kunjungannya, memberikan semangat kepada pengguna manfaat biogas ini walau masih mengalami sejumlah kendala.

Selain itu, memberi arahan ke anggota kelompok tani ” Tunas Muda “, agar memperhatikan lingkungan dan manfaat dari kotoran ternak yang sudah tidak ada gasnya.

Proses pencernaan anaerobik merupakan dasar dari reaktor biogas, yakni proses pemecahan bagan organik oleh aktivitas bakteri metaogenik dan asidogenik pada kondisi tanpa oksigen,” paparnya.

Pengolahan limbah kotoran ternak menjadi biogas rumah, lanjutnya, memberikan manfaat yang sangat banyak.

Selain menghasilkan sumber energi untuk memasak, bisa juga untuk energi lampu penerang, dan ampas dari biogas ini untuk pupuk organik tinggi kualitasnya baik itu padat dan cair, pupuk ini namanya pupuk slurry (bio-slurry).

“Pupuk bio slurry ini adalah pupuk organik berkualitas tinggi yang kaya kandungan humus dan mengandung mikroba yang nenguntungkan pada kesuburan dan kesehatan lahan pertanian,” tutupnya. (sh)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu